Facebook, Instagram, Twitter, Google+, Tumblr, Path, Foursquare.

Pandangan saya terhadap beberapa jejaring sosial dan atau microblog yang saya gunakan:

Facebook; Jejaring sosial ini paling lengkap menurut saya, ada foto, event, ulang tahun, status jomblo, married, dll, ada fitur chat, group juga tersedia. Untuk berkomunikasi secara bergerombol, facebook sangat berguna bagi saya. Juga informasi-komunikasi penting, ada di facebook bagi saya.

Instagram; Jejaring sosial berbasis foto. Cocok untuk orang-orang yang suka photography. Menurut saya, instagram adalah tempat bersosialisasi dengan media foto. Boleh juga tempat bernarsis ria. Terserah, selama tidak menggangu keamanan NKRI :D

Twitter; Microblogging yang satu ini sangat cepat update beritanya. Fitur trending topic sangat berguna bagi pemburu berita. Batasan 140 karakter membuat situs ini cepat dalam membagi beritanya. Yang paling saya suka dari twitter adalah kecepatan informasinya. Orang-orang sekarang kalo mau menyampaikan informasi, pasti melalui twitter, baru kemudian lewat facebook, dan jejaring lainnya mengikuti.

Google+ ; Jejaring sosial besutan google ini masih kalah penggunaanya di Indonesia jika dibandingkan dengan Facebook. Tetapi jika dilihat fitur-fiturnya, Google plus tidak kalah dengan facebook. Menurut saya, lebih gampang menggunakannya google+ daripada facebook. Tapi dengan alasan, lebih banyak teman-teman yang 'hidup' di facebook dan twitter, maka saya tidak begitu aktif di jejaring sosial milik google ini.

Tumblr; Boleh dibilang tumblr adalah penyatuan antara facebook, blog, dan twitter. Kenapa? fitur-fitur yang ada di facebook, twitter, dan blog, dapat ditemukan di Tumblr walaupun tidak semua fitur ada di tumblr. Tapi, menurut saya, tumblr lebih identik dengan blog. Tumblr cocok untuk blogger yang suka menulis tapi dalam sekali penulisanna itu tidak panjang, walaupun sebenarnya tidak ada batasan tulisan pada tumblr. Saya sendiri menggunakan tumblr disaat ingin menyampaikan sesuatu yang melebihi 140 karakter tetapi tidak lebih dari 3 halaman. Kalau panjang sekali, biasanya saya menulis di blog. (tapi tergantung mood aja sih, hehe)

Path; Jejaring sosial yang dimulai tahun 2010 ini sengaja dibuat untuk orang-orang terdekat kita, misalnya keluarga, teman kelas, atau rekan kerja, dll yang kita anggap dekat (kenal). Ada satu fitur yang saya suka, yaitu; “Go to Sleep” dan “Awake”, dimana fitur ini berguna untuk mengukur jam tidur kita setiap hari. Selain itu, path lebih mengarah kepada jurnal harian (buku diary). Menurut saya, jangan sampai kegagalan di facebook terulang kembali di Path. Apa kegagalan di facebook? Menerima setiap “friend request” dari orang-orang yang belum tentu kita kenal dekat. Cukuplah berteman biasa di facebook, tapi berteman dekat di Path. Itu menurut saya loh..:D

Foursquare: Yang suka jalan-jalan, cocok banget gabung di foursquare. Jejaring sosial berbasis lokasi ini sangat keren menurut saya. Karena database tempatnya sudah banyak, kita bisa mencari suatu tempat di suatu daerah yang belum pernah kita kunjungi. Tapi kalau jarang jalan-jalan, mending tidak usah check-in di foursquare, pola perjalanan kita menjadi mudah dibaca orang jika ingin berbuat jahat ke kita. Itu menurut saya loh..:D

Tentang Amarah

Tak ada gunanya marah tanpa alasan. Tak ada baiknya marah tanpa sebab. Amarah hanya membuatmu sulit dimengerti, amarah menyakiti perasaan yang lain, membutakan mata hatimu, menutup pintu kebaikan, dan jika nanti kau tidak marah lagi, penyesalan datang.

Marah itu biasa, tetapi sering marah itu tidak baik. Marah itu normal, tetapi jika sering marah itu membuat wajahmu semakin keriput, membuat orang sekelilingmu takut. Bahkan dirimu sendiri pun tak mengerti siapa dirimu sebenarnya.

Marahmu bisa membuat air mata temanmu terjatuh. Marahmu bisa membuat hubunganmu dengan temanmu retak. Marahmu bisa membuat telingamu menjadi tuli, mulutmu menjadi bisu, dan membuatmu ringan tangan.

Jangan marah tanpa sebab, jangan marah membabi buta. Aku hanya mengingatkan diriku dan dirimu yang sering marah tanpa alasan, tanpa sebab. 

Catatan Dahlan Iskan

Jika semua yang kita kehendaki terus kita MILIKI, darimana kita belajar IKHLAS

Jika semua yang kita impikan segera TERWUJUD, darimana kita belajar SABAR

Jika setiap doa kita terus DIKABULKAN, bagaimana kita dapat belajar IKHTIAR.

Seorang yang dekat dengan Tuhan, bukan berarti tidak ada air mata.

Seorang yang taat pada Tuhan, bukan berarti tidak ada kekurangan.

Seorang yang tekun berdoa, bukan berarti tidak ada masa sulit Biarlah Tuhan yang berdaulat sepenuhnya atas hidup kita, karena Dia tahu yang tepat untuk memberikan yang terbaik.

Ketika kerjamu tidak dihargai, maka saat itu kamu sedang belajar tentang KETULUSAN.

Ketika usahamu dinilai tidak penting, maka saat itu kamu sedang belajar KEIKHLASAN.

Ketika hatimu terluka sangat dalam.., maka saat itu kamu sedang belajar tentang MEMAAFKAN.

Ketika kamu lelah dan kecewa, maka saat itu kamu sedang belajar tentang KESUNGGUHAN.

Ketika kamu merasa sepi dan sendiri, maka saat itu kamu sedang belajar tentang KETANGGUHAN.

Ketika kamu harus membayar biaya yang sebenarnya tidak perlu kau tanggung, maka saat itu kamu sedang belajar tentang KEMURAHAN HATI.

Tetap semangat…Tetap sabar….Tetap tersenyum…! Karena kamu sedang menimba ilmu di UNIVERSITAS KEHIDUPAN.

TUHAN menaruhmu di “tempatmu” yang sekarang, bukan karena “KEBETULAN”.

Orang HEBAT tidak dihasilkan melalui kemudahan, kesenangan, dan kenyamanan MEREKA dibentuk melalui KESUKARAN, TANTANGAN & AIR MATA.

______ (Disadur dari Buku “Sepatu Dahlan”)

Why So Serious??

Menurutku, tidak semuanya harus dibicarakan di twitter. Twitter sekarang sudah bukan lagi microblogging, melainkan blog chatting. Isinya lebih banyak obrolan ringan, basa-basi, yang tidak terlalu berarti buat kepentingan hidup. *itu menurutku….

Kulihat jumlah tweet yang sudah kutorehkan, sekitar dua puluh tujuh ribu tweet, aku merasa aku adalah bagian dari manusia yang tak bernilai itu, manusia banyak ngomong. Terlalu banyak basa-basi yang telah kutuliskan. Benar kata pepatah, Tong kosong nyaring bunyinya. Ibarat kerupuk, kaya suara miskin gizi. Apa yang telah kukicaukan selama ini sebagian besar adalah omong kosong.

Tetapi aku tidak boleh terlalu serius dalam ber-twitter, yang sudah terjadi biarlah menjadi sebuah pelajaran. Sekarang saatnya aku harus mengambil sikap, kalo mau serius lebih baik di tumblr, ataubikin buku harian aja (diary), atau kalau ngga di hutan aja *LOL*.

Sama seperti yang lain, Aku akan ikut menjadikan twitter menjadi media chatting dan tempat meletakkan basa-basi. "Why so serious??" kata itu cocok diterapkan di twitter. Jadikan twitter tempat sampah.:D

*Mari kembali nyampah!!! :)

Kamu yang jelek atau Dia yang cantik?

Ada hitam ada putih, ada baik ada jahat, dan masih banyak lagi yang tercipta couple (pasangan). Saya jadi teringat simbol Shao Lin; Di dalam lingkaran ada Yin dan Yang, Hitam dan Putih. Saya pernah mendengar tentang hal itu, katanya itu adalah teori keseimbangan.

Jadi di dunia ini, setiap hal itu adalah seimbang. Dari pemikiran saya, memang selalu begitu. Makna yang dapat diambil adalah bahwa di bumi ini kita hidup saling melengkapi. Tidak mungkin ada yang cantik kalau tidak ada yang jelek, begitu seterusnya untuk hal-hal yang lain juga.

Hal yang dapat kita jadikan menjadi bahan renungan hidup; Bagaimana kita bisa mengatakan sebuah kebenaran tanpa sebuah kesalahan? Artinya; dunia akan terus diisi oleh dua hal yang berbeda, dua bagian yang bertolak belakang.

Kesimpulannya; Mari kita menghargai perbedaan. Berbeda bukan berarti saling menjatuhkan.